Seluk Beluk Lomba Fotografi

4 Sep 2013

Saat ini, dunia fotografi tak hanya di dominasi bagi para pemilik kamera DSLR. Hampir semua orang yang memiliki ponsel dengan fitur kamera, juga berminat menekuni dunia fotografi.

Belum lagi banyaknya event lomba foto yang digelar oleh banyak pihak. Baik itu sifatnya sementara (parsial) dan reguler dalam tiap periode tertentu. Dalam hitungan angka statistik, pesertanya selalu bertambah tiap tahun. Harap maklum! Kamera bukan lagi barang yang mewah dan mahal saat ini.

Dalam pelaksanaan, siapa yang tak bangga jika mampu meraih juara dalam perlombaan atau kontes? Rasa senang, bahagia dan terharu pastinya sudah pernah dirasakan bagi seseorang yang menyandang gelar juara.

Selain menambah portofolio, bisa menjadi jembatan karir di masa depan bagi sang pemenang. Terlebih lagi jika memenangkan perlombaan fotografi, pastinya akan memberikan alasan yang berbobot baginya untuk menekuni dunia fotografi. Baik itu pemula atau yang sudah profesional dalam bidang fotografi.

Tak jarang, bagi seseorang yang sudah pernah memenangkan kontes fotografi bisa memberikan bisnis yang menjanjikan banyak keuntungan (jika ditekuni dengan serius). Mendapatkan modal cukup besar dari hadiah penyelenggara lomba (biasanya dari pemerintah, lembaga, perusahaan media dan lainnya), lebih banyak berkreasi dan memberikan banyak ide untuk terjun ke dunia bisnis fotografi.

Hadiah yang sangat besar, tak hanya mempengaruhi satu-dua orang untuk mengikutinya. Ratusan hingga ribuan orang, rela menjadi peserta lomba dan sukarela memamerkan hasil karya terbaik mereka di berbagai event. Demi satu tujuan dan harapan yang sama, yaitu MENANG! Namun ada juga fotografer yang mengikuti bukan hanya karena faktor hadiah. Kebanggaan pribadi adalah alasan utama bagi mereka.

Dunia fotografi saat ini sudah sangat dekat dengan masyarakat Indonesia. Semangat yang tak pantang menyerah dari para pemula untuk selalu berlatih dan mencoba. Memicu para profesional untuk tidak mau kalah dalam mengasah kreativitas dan meningkatkan kualitas yang ada.

Jangan heran jika banyak diantara peserta lomba fotografi (baik profesional atau pemula), dijadikan ajang untuk ‘bercermin diri’. Saat yang tepat untuk membanding-bandingkan kualitas diri kepada fotografer yang lainnya. Karena hanya dengan mengikuti lomba fotografi, kemampuan fotografi seseorang dapat lebih terarah ide kreativitasnya.

Melalui tulisan ini juga, saia banyak menyerap beberapa tips yang sederhana tapi menarik untuk dilaksanakan, yaitu:

  • Berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
  • Ikhlas mengikuti lomba dari awal hingga akhir.
  • Mempelajari secara teliti dari keseluruhan detail syarat dan ketentuan lomba yang sudah ditetapkan panitia lomba.
  • Menyesuaikan tema yang diminta panitia. Walau fotonya bagus, jika diluar tema dari yang sudah ditetapkan, panitia akan langsung mendiskualifikasi.
  • Memiliki ide foto yang original dan unik dan menerapkannya dalam konsep foto.
  • Menyiapkan ‘alat tempur’ sebaik mungkin.
  • Kirim sebanyak-banyaknya, agar menarik perhatian panitia.
  • Memiliki menta juara dan yakin memenangkan lomba.
  • Tak perlu was-was menunggu pengumuman pemenang, karena juri & panitia tidak dapat diganggu gugat.

Trus kapan saia ikut lombanya? InsyaAllah secepatnya :D


TAGS seluk beluk fotografi tips lomba event


-