Suguhan Permainan Sepakbola Sesungguhnya

19 Jun 2014

Secara pribadi, saya bukan pengamat atau komentator handal dalam dunia sepakbola. Berhubung pernah menjadi pemain bek kiri terbaik dari tim kesebelasan jaman SMP, saya bisa memberikan opini berdasarkan sudut pandang pribadi.

Pertandingan dari grup B Piala Dunia 2014 semalam, saya menyaksikan suguhan permainan sepakbola sesungguhnya dari laga Australia (AUS) dan Belanda (NED). Kedua tim tampil dengan penuh semangat dan saling menyerang demi 1 tujuan, yaitu menang.

Diatas kertas, tim dari NED sangat diunggulkan. Bahkan saya pun mendukung kesebelasan ini sebagai juara dari grup B. Secara pribadi, saya kurang simpatik dengan arogansi mereka yang meremehkan tim lawan. Seharusnya di awal-awal pertandingan, tim ini harusnya sudah menguasai jalannya pertandingan. Namun yang terjadi malah hampir kebobolan pada menit 16 saat Mark Bresciano (AUS) melepaskan tendangan jarak jauh setelah mendapat operan dari Mathew Leckie (AUS) dari sayap kanan. Untungnya, berhasil ditahan oleh barisan pemain belakang NED dan berhasil membuat organ jantung saya berdegup lebih kencang. Akhirnya pada menit ke-20, Robben (NED) berhasil menyarangkan bola ke gawang Ryan (AUS).

AUS yang tampil lebih banyak menyerang, berhasil mencatatkan penguasaan bola di lapangan pada angka 48% dibandingkan NED 52%. Walau ketinggalan angka di menit 20, hanya selang 1 menit kemudian, Tim Cahlill (AUS) berhasil membalas dengan tendangan yang fantastis dan berhasil membuat gol spektakuler. Tak pelak, Cahlill berhasil mencatatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia di luar kawasan Eropa dan Amerika Selatan.

Sepanjang pertandingan sebelum turun minum, pemain-pemain dari AUS membuat jantung pendukung NED lebih kencang. Bagaimana tidak? Pada menit ke-30, Bresciano (AUS) melesatkan tendangan yang jauh diatas mistar gawang Jasper Cillessen (NED) setelah mendapatkan umpan dari McGowan (AUS) dari sayap kanan.

Begitu juga pada menit ke-34, Mathew Leckie (AUS) hampir saja berhasil memanfaatkan peluang menciptakan gol setelah mendapat umpan dari McGowan (AUS). Sayangnya, masih bisa ditahan oleh pemain barisan belakang NED. Kedudukan yang imbang 1-1, bertahan hingga turun minum (istirahat).

Pada babak kedua, AUS berhasil unggul terlebih dahulu setelah mendapatkan tendangan penalti. Jedinak (AUS) berhasil mengeksekusi dengan baik tendangan penalti tersebut, AUS unggul 2-1 atas NED pada menit 53.

Kegembiraan AUS tak bertahan lama setelah berhasil dibalas dengan tendangan Van Persie (NED) setelah mendapatkan umpan yang baik dari Depay (NED) pada menit 57. Skor pun berubah menjadi 2-2.

Sepuluh menit kemudian, Depay (NED) berhasil menyarangkan bola ke gawang Jasper Cillessen (NED) dengan tendangan kerasnya diluar kotak penalti. Dengan unggulnya 1 gol ini, semangat tim NED makin berkobar dan bernafsu ingin menambah gol. Tampak 2 pemain NED, Sneijder dan Nigel de Jong berhasil mengancam gawang Ryan (AUS). Sayangnya tidak membuahkan hasil.

Hingga peluit panjang, kedudukan 2-3 yang dimenangkan oleh tim NED, membuktikan arogansi mereka sebagai tim sepakbola yang unggul. Catatan pribadi saya, kedua tim telah menyuguhkan permainan sepakbola yang sesungguhnya. Semoga AUS berhasil di tahun berikutnya :D

Selamat kepada tim Oranje NED! Sebagai pendukungmu, buktikan kehebatan kalian sebagai juara grup B Piala Dunia 2014 ini!


TAGS permainan sepakbola piala pesta bola dunia 2014 #pestaboladunia2014


Comment
  • BlogS of Hariyanto 3 years ago

    sepertinya tahun ini Belanda peluangnya cukup bagus untuk melangkah ke babak selanjutnya…setelah menekuk spanyol dengan skor besar..dan kini Australia…
    ach..tapi saya kok tetap mengimpikan tim Indonesia..yang juara piala dunia….
    keep happy blogging always..salam dari makassar :-)

  • obat telat datang bulan 3 years ago

    Pesta akbar dunia

  • rahmi 3 years ago

    aku ga nonton piala dunia blas :D

-