Tips Memotret Lebih Tajam dengan Kamera HP

13 May 2015

Secara penilaian pribadi, semua orang bisa memotret dengan baik. Walau pada dasarnya hanya sebagai ‘merekam’ momen, hasil fotonya sudah bagus dalam standarisasi gambar. 

Adanya dukungan perkembangan teknologi yang menanamkan fitur kamera pada HP, memotret bukan menjadi hobi yang mahal. Bahkan, hasil fotonya bisa langsung dibagikan (share) ke akun jejaring sosial (social media).

Sepanjang penilaian saya pribadi, hasil foto dari HP tak kalah bagus dengan hasil jepretan kamera profesional (DSLR). Mengingat sudah banyak HP (smartphone) canggih dengan kamera yang memiliki resolusi 5MP, 8MP, 13MP, 20,7MP bahkan ada yang lebih tinggi.

Namun, resolusi yang tinggi juga tidak menjamin penggunanya untuk bisa mendapatkan hasil foto yang bagus. Hal tersebut dikarenakan, kejelian atau cara yang tepat saat memotret dan kreativitas dalam mendapatkan hasil visual foto yang lebih menarik dari biasanya.

Bagaimana cara yang baik saat memotret menggunakan kamera HP dan menghasilkan hasil foto yang lebih tajam?

Menurut pendapat pribadi, saya berbagi tips yang (mungkin) bermanfaat bagi Anda, yaitu :

1. Gunakan Fitur Image Stabilization

HP yang memiliki kamera resolusi tinggi, biasanya mempunyai fitur Image Stabilization. Fungsinya adalah meredam getaran tangan yang memegang HP, saat memotret. HP kamera yang sudah mempunyai fitur ini adalah : iPhone6, Blackberry Passport, Nokia Lumia 930, LG G3, Samsung Galaxy K Zoom, Samsung Galaxy Note 4, Vivo XShot, dan Lenovo Vibe Z2 Pro.

2. Pakai Kedua Tangan

Biasanya, hasil foto yang kurang tajam akibat adanya getaran (shake) saat proses memotret. Hal ini dikarenakan, masih banyak pengguna yang sering menggunakan satu tangan daripada kedua tangan. Agar lebih stabil dan tajam hasil fotonya, baiknya gunakan kedua tangan saat mengunci fokus dan menekan tombol memotret.

3. Gunakan Tripod

Bagi yang memiliki HP kamera dan tidak ada fitur Image Stabilization, sebaiknya gunakan tripod. Alat ini sangat terbukti membantu pengguna untuk mendapatkan hasil foto yang stabil dan tajam, karena meminimalkan getaran.

4. Berlatih Melihat

Ingat! Jangan pernah puas dengan satu hasil foto. Terus berlatih agar bisa mendapatkan hasil visual foto yang bagus dan tajam. Sering-sering melihat hasil foto orang lain agar bisa membandingkan hasil foto dengan karya orang lain.

5. Bergabung Komunitas Fotografi

Walau sifatnya tidak wajib, ada efek yang meguntungkan saat bergabung dengan komunitas fotografi. Dengan lebih banyak bertemu dengan pengguna atau fotografer yang lain, bisa belajar tips dan trik cara memotret yang lainnya. 

Demikian informasi yang bisa saya bagikan, sambil mencoba posting dalam versi mobile. Terima kasih dan jangan lupa follow @gajahpesing.


TAGS Tutorial tips trik fotografi


-