Tips Memotret Makanan ala Food Blogger

22 Sep 2015

Bagi kaum urban, memotret makanan memberikan kepuasan tersendiri. Bahkan dirasa ada yang kurang jika belum mengabadikan makanan tersebut melalui jepretan foto. Bisa dibilang, banyak diantaranya yang lebih tertarik memotret daripada memakannya.

Aktivitas memotret makanan lebih populer di kalangan blogger. Selain untuk mendapatkan predikat sebagai food blogger, juga digunakan sebagai bahan tulisan pada blognya yang berkategori kuliner. Tak heran jika diantaranya banyak yang piawai dalam memotret makanan dengan hasil yang terlihat lebih artistik.

Untuk mendapatkan foto keren seperti food blogger, tak harus membutuhkan skill tinggi dan kamera profesional yang harganya jutaan rupiah. Anda juga bisa menghasilkan foto makanan yang lebih ciamik hanya bermodalkan smartphone.

Berikut ini tips memotret makanan ala food blogger yang sudah saya upload di akun instagram @gajahpesing :

1. Komposisi

Fotografi menganggap komposisi (penempatan objek yang akan di foto) adalah hal yang sangat penting. Jika bisa menentukan komposisi objek yang pas, hasil foto akan lebih artistik dan tidak terlihat monoton. Food blogger lebih suka memposisikan objeknya pada 1/3 bagian dalam frame foto (rule oh thirds).

2. Foto dari Berbagai Sudut Pandang (angle) yang Berbeda

Untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal dan terlihat unik, jangan pernah puas atau terpaku pada satu foto. Potret lebih banyak foto dengan berbagai sudut pandang yang berbeda, karena tidak semua objek makanan harus di foto pada bagian atas dan depan saja. Dengan lebih banyak bereksplorasi, anda akan mendapatkan banyak perbedaan hasil foto dan bisa menentukan mana yang lebih cantik untuk di upload pada jejaring sosial.

3. Hindari Penggunaan Flash

Selain membuat objek lebih terang, penggunaan lampu flash juga mengurangi warna makanan menjadi tidak natural. Juga timbul bayangan yang tidak diinginkan dan seringnya mengacaukan warna (colour balance). Jika kebetulan mendapatkan cahaya remang-remang saat berada di rumah makan, lebih baik pindah ke tempat lebih terang atau jangan memaksakan diri untuk memotret.

4. Gunakan Properti Pendukung

Keuntungan properti pendukung yang ada di sekitar, menjadikan hasil foto makanan terlihat profesional. Selain bisa memberikan banyak varian warna pada objek makanan, bisa memberikan imajinasi lebih kepada penikmat foto.

5. Poles dengan Aplikasi Edit Foto

Secara kualitas, kamera profesional memang lebih unggul daripada smartphone. Namun bukan berarti tidak bisa memoles foto tersebut menjadi lebih cantik. Penulis biasanya menggunakan aplikasi bawaan tersebut, namun terkadang menggunakan Snapseed dan VSCO Cam.

Semoga tips memotret makanan ala food blogger ini, memberikan manfaat bagi. Untuk lebih banyak foto-fotonya, anda bisa berkunjung atau follow akun instagram @gajahpesing.

Ayo! Kita hunting makanan.. eh foto makanan maksudnya :D


TAGS fotografi


Comment
-