Terkabulnya (salah satu) Resolusi Tahun 2016

9 Jan 2016

Hobi memotret yang saya geluti beberapa tahun terakhir, memberikan banyak pengalaman dan ilmu yang baru dalam hal fotografi. Walau masih terbilang amatir, hobi yang saya geluti memberikan hasil yang cukup untuk memenuhi kebutuhan perut selama sebulan di warung nasi pinggir jalan.

Sampai tulisan ini diketik, saya masih banyak belajar tentang fotografi. Mulai dari mengikuti beberapa workshop yang digelar komunitas foto, juga aktif di berbagai forum online dan grup chatting.

Kategori yang saya sukai adalah portrait model karena ada sisi kemanusiaan (humanis) dalam memotret mereka. Selain mudah diarahkan gayanya, hasilnya bisa memberikan kepuasan tersendiri karena sesuai dengan keinginan.

Dalam memotret, saya selalu berusaha mendapatkan hasil foto dengan latar belakang (background) yang bokeh. Alasannya agar lebih mudah diolah dengan piranti perangkat lunak desain grafis, juga lebih indah dalam pengamatan mata saya.

Agar bisa mendapatkan hasil foto yang maksimal, saya memang menggunakan lensa fix bukaan besar. Selain memberikan hasil foto yang tajam (sharp), detail objek sangat terlihat jelas pada hasilnya.

Harga lensa fix yang masih terbilang mahal, saya lebih sering meminjam atau menyewa lensa branded tersebut. Tak heran jika hari ini menggunakan lensa ukuran B, dan besoknya berganti menjadi ukuran H.

Alhamdulillah, istri tercinta memberikan kado spesial bagi saya di hari kelahiran. Lensa tele tapi fix dan termasuk kategori third party, yaitu Tamron SP AF17-50mm F/2.8 XR Di II VC.

Walau terkesan seperti lensa kit, tapi saya sangat bersyukur dengan hadiah tersebut. Akhirnya terkabul juga salah satu resolusi tahun 2016 yang sudah saya video-kan di SINI!

Bak anak kecil yang mendapatkan mainan baru, saya langsung mencoba jeprat-jepret dengan lensa tersebut. Akhirnya dari kegiatan memotret tadi sore, saya mendapatkan beberapa hasil yang cukup untuk ditulis pada blog ini.

Berikut ini review singkatnya :

  • Secara keseluruhan, saya suka dengan hasil fotonya yang bokeh karena bukaan besar.
  • Sayangnya warnanya terlalu kuning jika derajat Kelvin pada angka 5000, jadinya harus menurunkannya pada kisaran angka 4700-4800.
  • Jarang mendapatkan hasil yang tajam pada FL 17mm dan terpaksa harus menaikannya pada rentang FL 18-50mm.
  • Auto Fokus sangat mengganggu karena terlalu berisik, jadinya beberapa kali pemotretan harus manual agar bisa tenang.

Berikut ini beberapa hasil pemotretan sore tadi :

Apakah Resolusi Tahun 2016 anda sudah terwujud? Semoga cepat terkabul setelah membaca tulisan ini, Amin!


TAGS fotografi fotografer lensa tamron


Postingan Terkait

Comment
-