Pentingnya Paragraf Pembuka Dalam Sebuah Tulisan

2 Mar 2016

Secara pribadi, saya bukan penggemar fanatik dari dari dua tokoh yang menjadi inspirasi penulisan ini. Namun, mereka mampu menyajikan tulisan yang (menurut saya) baik dan enak dibaca. Walau belum paham dengan benar, sampai sekarang saya tetap mempelajari tulisan mereka. 

Saya mengenalnya sebagai blogger yang senior. Pengalamannya sebagai wartawan, sangat mendukung aktivitasnya dalam dunia blogger pada jamannya. Tak heran jika banyak blogger yang mengidolakan mereka berdua. 

Setiap mereka membuat tulisan, ada persamaan di paragraf pembukanya (lead), yaitu mengundang penasaran untuk membaca artikelnya hingga akhir. 

Secara pribadi, saya berusaha menemukan jawaban dari keseluruhan topik tulisan mereka. Sayangnya, saya baru menemukan topik isi tulisannya setelah melanjutkan ke paragraf-paragraf berikutnya. Tak jarang, di akhir tulisan baru ketemu jawabannya. 

Mereka berdua mampu mengolah paragraf pembuka menjadi peranan penting dari keseluruhan tulisan. Juga pandai merakit relevan paragraf pertama dengan paragraf selanjutnya menjadi artikel yang apik.  Pesan yang disampaikan kepada pembaca seperti saya, jadi lebih mudah dimengerti.

Dari tulisan-tulisan yang mereka buat, tak jarang selalu membuat pertanyaan pada paragraf pembuka. Tujuan utamanya adalah membuat pembacanya penasaran. Bisa jadi itu adalah kunci kreativitas mereka dalam mengolah kata. 

Hah? Anda ingin tahu siapa sebenarnya dua tokoh yang saya maksudkan dari tulisan ini? Sebenarnya kalian juga mengenalnya. Di dunia blogosphere, mereka biasa dipanggil dengan sebutan ‘Ndorokakung dan Paman Tyo‘. 

Disclaimer!
Informasi yang saya tuliskan mungkin berbeda dengan pandangan orang. Apabila terdapati persamaan sudut pandang, anggap saja kita sama-sama berpikir terbuka mengenai tulisan ini. Foto dalam tulisan adalah sebagai ilustrasi saja! 


TAGS tutorial menulis opini


Postingan Terkait

-