Tips Aman Menikmati Gerhana Matahari Total

2 Mar 2016

Sesuai prediksi, Gerhana Matahari Total (GMT) akan melewati Indonesia pada tanggal 9 Maret 2016. Tentunya sebuah kabar yang menggairahkan bagi pecinta astronomi dan travel. 

Fenomena yang langka ini, disambut baik oleh kementrian pariwisata dalam hal mempromosikan wisata Indonesia. Membuka akses bagi wisatawan domestik dan mancanegara, agar berkunjung dan menikmati tempat-tempat yang dilalui GMT. 

Mengingat lokasinya yang akan dikunjungi banyak orang, ada baiknya untuk tetap waspada. Setidaknya, barang bawaan selalu aman dan bisa menikmati GMT sepuasnya. 

Melalui tulisan ini, saya berbagi tips aman selama kegiatan GMT, antara lain :

  • Bawa Barang Secukupnya
    Sebaiknya membawa tas kecil untuk membawa barang secukupnya. Sebisa mungkin, letakan tas tersebut di bagian depan. Selain mempermudahkan pengawasan, juga meringankan beban anda.
  • Waspada Terhadap Sekitar
    Lokasi wisata tentunya sangat ramai orang, bukan berarti tempat tersebut menjadi aman. Ada baiknya tetap waspada dan lebih peka terhadap sekitar. Terlebih lagi, jangan terlalu mudah percaya dengan orangyang baru dikenal, sebab kasus penipuan sangat banyak.
  • Jaga Penampilan dan Kesopanan
    Sebagai traveler, menjaga penampilan tetap trendi dan sopan adalah suatu keharusan. Selain bisa menambah kecakepan di mata orang lain, senantiasa akan dihormati penduduk sekitar karena menjaga norma kesopanan. Jadi, tak perlu membawa banyak perhiasan ke lokasi wisata. Lebih baik disimpan dan bila perlu ditinggal di rumah, daripada mengundang kejahatan pada diri sendiri. 
  • Jangan Pernah Lupa atau Meninggalkan Gadget Sembarangan
    Bagi anda yang pelupa, sebaiknya simpan gadgetnya dengan baik. Begitu juga bagi anda yang masih punya kebiasaan buruk meletakan gadget sembarang, jangan pernah lagi deh.. Lokasi wisata itu selalu ramai orang, bukan salah yang memungut jika ada gadget tergeletak secara sembarangan.
    Seperti pepatah, ‘Kejahatan bisa terjadi bukan saja karena ada niat si pelaku, tapi kejahatan juga bisa terjadi karena ada kesempatan‘.

Semoga tips diatas bermanfaat bagi anda dan wisata melihat GMT berjalan lancar dan aman! Amin!


TAGS opini tips gerhana


Postingan Terkait

Comment
-