Efisiensi Memasang Antena Radio Komunikasi

24 Mar 2016

Sejak bergabung di komunitas RAPI Lokal 4 Duren Sawit Jakarta Timur, ternyata diterima dengan baik dan positif oleh seluruh anggota. Tak heran jika setiap malam, nama saya selalu dipanggil untuk diajak ngobrol dengan beberapa tema pengguna radio komunikasi. 

Walau banyak diantaranya belum pernah ketemu secara langsung (kopi darat), terlihat sangat akrab di ‘udara’. Walau hanya sekedar saling sapa, banyak diantaranya ingin mengajak untuk minum kopi bersama. 

Secara pribadi yang masih menggunakan HT, banyak rekan menyarankan untuk memakai radio komunikasi jenis RIG. Alasannya, agar obrolan saya juga dijangkau teman-teman RAPI yang lain dan bisa dikenal semuanya. 

Sayangnya, saya kurang setuju untuk memiliki RIG. Selain belum masuk daftar kebutuhan yang mendesak, harganya juga masih cukup mahal untuk ukuran kantong mahasiswa seperti saya. 

Mencoba menanyakan alternatif, agar bisa tercapai solusi yang sama-sama menguntungkan. Banyak diantaranya yang menawarkan untuk memasang antena atas (di luar rumah). Walau lingkupnya juga terbatas, setidaknya daya penerimaan agak lebih jernih. 

Sebelum memutuskan untuk membeli, harga antena yang mereka bicarakan juga masih belum bisa saya jangkau sebagai kebutuhan mendadak. Alhasil setelah melihat-lihat beberapa produk di toko online, saya tertarik kepada antena yang bisa dipasang kendaraan bermotor roda dua dan empat. 

Saya pun membelinya karena harga paketnya sangat murah. Selain itu, jika tidak bisa digunakan setidaknya bisa dipasangkan pada motor kesayangan. 

Rabu malam kemarin (23/03/2016), semua pesanan telah datang. Sayangnya, peralatan pendukung untuk dipasangkan pada motor belum datang. Daripada mubadzir, saya pun memodifikasinya untuk bisa digunakan antena luar. 

Usai perakitan, saya mulai mencoba memanggil teman-teman sesuai callsign (tanda panggil) mereka. Saling bersahutan dengan rekan lain, dan menyadari ada perubahan pada suara saya. Menurut mereka, suara lebih bagus dan terdengar lebih jelas dari sebelumnya.

Alhamdulillah, rupanya pemasangan antena radio komunikasi di luar ruangan berhasil dengan baik. Sayangnya, saya belum puas karena seharusnya terpasang pada motor. 

Semoga alat untuk pemasangan pada motor segera datang dan antena tersebut bisa terpasang sesuai dengan fungsinya.


TAGS Teknologi radio ht komunikasi


-