Radio Pancar Ulang Bekasi Utara Sudah Aktif Kembali

28 Mar 2016

Radio Pancar Ulang (RPU) adalah perangkat yang digunakan untuk memperluas jangkauan komunikasi radio hingga radius 40-100 km, bahkan bisa lebih. Secara teknis, perangkat tersebut sangat membantu para pengguna Handie Talkie (HT) untuk berkomunikasi dengan yang lain dalam radius tersebut.

Sejak menggunakan antena tambahan diluar ruangan (baca di SINI), daya pancar HT yang saya miliki bisa diterima dengan baik oleh beberapa RPU. Selain RPU nasional yang ada di gunung Salak Bogor, RPU Bekasi Utara juga bisa menerima dengan baik yang berada di Babakan, Banten.

Tak hanya saya, RPU Bekasi Utara juga menerima dengan baik pancaran radio dari Tangerang Selatan, Bandung Selatan (Soreang), Karawang, Purwakarta dan sekitarnya.

Alhamdulillahnya juga, rekan yang tergabung dalam RPU tersebut sangat baik. Menerima siapa saja dengan salam persaudaraan dan kekeluargaan, juga tak membedakan perangkat yang digunakan.

Bagusnya, setiap obrolan selalu ada yang bertugas menjadi operator. Tak pelak, bergantian untuk mempersilakan rekan lain untuk mempergunakan RPU tersebut walau hanya bertegur sapa.

Melalui tulisan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada pak Ayustia Putra yang sudah mengajak bergabung dalam RPU Bekasi Utara. Alhamdulillah, bertambah teman, saudara dan keluarga walau hanya dalam udara.

Berikut ini percakapan yang ada di RPU Bekasi Utara :

Bagi anda yang ingin bergabung, silakan setel pengaturan radio komunikasinya pada :

  • RX 142.100 MHz
  • TX 140.210 MHz
  • Duplex -1.890
  • Tone 88,5


TAGS teknologi radio komunikasi rig ht rpu


Postingan Terkait

-