Kenalkan! Nama Saya Juliet Zulu Zero Nine Lima Kilo Papa

29 Mar 2016

Sejak memiliki dan menggunakan frekuensi radio komunikasi, saya pun mendaftarkan diri sebagai anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) di lingkungan tempat tinggal. Atas kesadaran diri sendiri, saya melakukannya demi mendapatkan legalitas dalam penggunaan frekuensi radio yang sudah diatur oleh undang-undang negara Indonesia. 

Tak hanya itu, tujuan lain tergabung dalam organisasi tersebut adalah ingin menambah koneksi persahabatan dan persaudaraan di ‘udara’. Nasib orang siapa yang tahu, bisa jadi dalam kumpulan tersebut saya mendapatkan banyak informasi dan ilmu tentang radio komunikasi. 

Untuk pendaftaran menjadi anggota RAPI sebenarnya sangat mudah. Namun kendala kurangnya informasi yang dipublikasikan, tak heran jika masih banyak yang bertanya-tanya perihal pendaftaran. 

Berdasarkan pengalaman pada saat mendaftar, berikut ini tata caranya :

  • Datangi pengurus atau sekretariat RAPI di kecamatan tempat tinggal anda. 
  • Siapkan fotocopy KTP sebanyak 5 lembar.
  • Pas foto dengan ukuran 2×3, wajib menggunakan latar belakang (background) merah, sebanyak 10 lembar. 
  • Uang pendaftaran yang jumlahnya disesuaikan dengan masing-masing wilayah (karena selalu berbeda nominalnya).

Lamanya waktu pendaftaran per wilayah juga berbeda-beda. Tergantung dari jumlah antrian pendaftaran pada waktu tersebut. Sesuai dengan informasi dari pengurusnya, biasanya memakan waktu hingga 2-3 bulan. 

Alhamdulillah! Saya malah sudah mendapatkan tanda panggil (callsign) dalam waktu satu bulan sejak pendaftaran. Bisa dibilang sangat cepat dan tidak ada penumpukan antrian di kantor pusat. 

Jadi setiap kali saat ingin terlibat dalam obrolan radio komunikasi, dengan bangga saya selalu bilang :

Kenalkan! Nama saya Juliet Zulu Zero Nine Lima Kilo Papa (JZ09LKP)

 


TAGS teknologi radio komunikasi rapi jz09lkp


Postingan Terkait

-