Begini Caranya Meliput Menggunakan Video!

1 Feb 2017

Teknik liputan, tak lagi dimonopoli oleh para jurnalis. Blogger yang sering mendapat undangan, biasanya sudah memahami teknik dasar reportase. Walau persamaannya meliput, tetap saja ada perbedaannya yaitu kriteria kelayakan berita dan kebijakan redaksional (editorial policy). 

Segmen khalayak yang tak sama, maka penyampaian sudut pandang pun berbeda-beda. Demi melayani kebutuhan pasar, secara tak langsung melakukan seleksi terhadap apa yang layak dan tidak layak diliput. 

Berbagai cara dilakukan saat melakukan peliputan. Ada yang menggunakan alat bantu sederhana, hingga menggunakan gadget sebagai pengganti alat tulis. 

Saat ini, smartphone adalah alat bantu peliputan yang paling banyak digunakan. Tak hanya bisa merekam percakapan, melainkan juga merekam video. Melalui tulisan ini, saya mencoba berbagi teknik meliput menggunakan video. 

Secara pribadi yang menginginkan gambar terbaik, gunakan kamera smartphone dengan minimal resolusi 8 MP. Pada pengaturan kamera, biasanya selalu pada ukuran HD (720px) agar menghasilkan kualitas video yang bagus dan tidak terlalu besar file-nya. 

Menyiasati agar tidak selalu ketinggalan berita (momen), pastikan sudah mempunyai cadangan memori penyimpanan yang besar (lega). Tentunya juga sumber daya yang cukup dan bisa disiasati dengan selalu membawa power bank. 

Ingat! Biasakan menggunakan alat bantu peredam guncangan (shake) agar hasil video terlihat bagus. Saat ini, tongsis adalah alat bantu yang paling murah dan paling banyak digunakan. 

Usahakan merekam video dalam keadaan mendatar (landscape). Selain hasilnya lebih bagus daripada keadaan berdiri (portrait), juga lebih mudah saat melakukan pengeditan. 

Pastikan sudah mempunyai stok video sebelum dan sesudah event. Lamanya perekaman video yang baik adalah maksimal 10 detik dengan berbagai macam variasi. 

Jika objek terlihat jauh, jangan pernah melakukan zooming. Hasilnya akan pecah dan tidak bagus saat pengolahan. Bila perlu, dekati objek secukupnya agar bisa maksimal dalam perekaman video. 

Hasil akhir, tergantung pada pengolahan video yang digunakan. Berbagai macam aplikasi yang tersedia untuk smartphone, tergantung pada kebutuhan penggunanya (user). Ada yang menawarkan lebih mudah (biasanya berbayar) dan sebagainya. 

Demikian informasi yang bisa saya berikan dalam bentuk tulisan tentang cara meliput menggunakan video. Honestly, saya juga belajar dari sang pakar dalam format video yang ada di bawah ini 

 


TAGS teknologi video


Postingan Terkait

Comment
-