Ini Alasan Kaum Milenial Lebih Dilirik Oleh Brand

7 Mar 2017

Disclaimer!
Tulisan ini bersifat opini dan tidak mewakili instansi mana pun!

Kaum milenial yang lahir pada tahun 1980 hingga 2000-an, menjadikan mereka sebagai generasi muda bak dua sisi mata uang koin. Pada sisi satunya bisa menikmati perkembangan teknologi dan sisi sebaliknya mengikuti perubahan gaya hidup yang sejalan dengan kebutuhannya. 

Kelompok umur mereka yang termasuk generasi Z, terkadang tak sejalan dengan pemikiran orang dewasa yang belum siap menerima perubahan. Tak heran jika kaum milenial, kerap mendapat kritikan pedas karena gaya hidupnya yang cenderung konsumtif. 

Benarkah hal itu? Secara pribadi, saya yang berusia 17 tahun, hanya menanggapinya dengan tersenyum. 

Walau terlihat sering nongkrong (bahasa kerennya ‘hang out‘), pengeluaran mereka cenderung sedikit daripada generasi X. Menurut situs CNBC (baca di SINI), faktor pengangguran serta stagnansi pertumbuhan gaji diyakini menjadi penyebab pengeluaran mereka tidak sebanyak generasi X saat di usia yang sama. 

Kaum milenial lebih memilih menghabiskan uangnya untuk menambah pengalaman daripada untuk hal-hal yang bersifat materi. Aktivitas berlibur atau menonton konser, bagi mereka lebih bernilai daripada membeli mobil atau barang-barang rumah tangga. Jangan heran jika generasi milenial dianggap sebagi kaum yang boros karena perbedaan pandangan dalam alokasi uang. 

Tren perubahan yang berlangsung cepat ini, memaksa beberapa perusahaan besar untuk turut beradaptasi jika tak ingin dilibas dengan perusahaan start up yang laksana cendawan tumbuh di musim hujan. 

Brand yang yang ‘melirik’ kaum milenial ini akan melakukan bermacam cara agar target pasarnya terpenuhi, misalnya :

  • Menggelar mini konser dan bazaar pada suatu event (jadi ingat acara #NgumbarKomunitas)
  • Membuat kelas yoga dan atau workshop kesehatan (kegiatan reguler komunitas Healthy Friends)
  • Pelatihan membuat video pendek yang digelar pada Sunday Sharing blogdetik
  • dan lainnya

Saat ini yang bisa saya terjemahkan hanya itu. Mungkin ada blogger yang bisa menambahkan “Alasan Kaum Milenial Lebih Dilirik Oleh Brand?”

Silakan tulis pada kolom komentar bawah ini :)


TAGS finance milenial


Comment
-