Begini Caranya Memanfaatkan Hobi di Waktu Luang!

27 Jul 2017

Hampir dua bulan ini, saya sudah menempati kantor baru yang berada di lantai 9. Lokasinya yang strategis, memberikan keuntungan tersendiri bagi saya untuk memanfaatkan hobi di waktu luang saat bekerja. Salah satunya adalah hobi ngebrik alias radio komunikasi.

Ketinggian pada tempat kerja yang baru, memberikan keuntungan maksimal pada propagasi (transmisi atau penyebaran sinyal dari suatu tempat ke tempat lain). Secara tidak langsung, radio komunikasi jenis Handy Talkie (HT) yang saya gunakan, lebih sensitif dalam penerimaan dan pancaran (dalam jarak tertentu) karena tidak terhalang gedung dan atau pohon.

Saya memanfaatkan jam makan siang, untuk memaksimalkan hobi tersebut. Berinteraksi dengan sesama pengguna radio komunikasi di sekitaran tempat kerja, sambil silaturahmi melalui udara.

Saya pun mengabadikan aktivitas tersebut dalam bentuk video, seperti ini interaksinya

Dari video tersebut, saya menggunakan HT merk Baofeng dengan tipe UV-5R, daya pancar standarnya 5 watt. Secara teori, radius (lingkaran) berkomunikasi adalah sepanjang 5 kilometer jika digunakan secara langsung (direct). Namun, saya berhasil menembus RPU Kemayoran, dimana jarak titik nol dari tempat kerja adalah kurang lebih 10 KM. 

Diterima oleh rekan yang bernama Prabu, kami pun saling berkomunikasi (10-25). Walau banyak slepetan (gangguan frekuensi radio), namun tak mengganggu aktivitas kami.

Begitu halnya saat berada di rumah. Saya memanfaatkan hobi tersebut untuk menjalin silaturahmi. Berkomunikasi dari rumah menuju rekan yang berada di Cawang Otista. Berikut ini rekaman videonya,

Saya melakukan aktivitas tersebut, tak harus keluar dari rumah. Bahkan di saat menunggu istri yang belum pulang dari tempat kerjanya, saya memanfaatkan untuk berkomunikasi dengan pengguna radio lainnya. Biasanya, di sekitaran Bogor dan Banten.

Bagaimana dengan anda? Apakah sudah memanfaatkan atau memaksimal hobi di waktu luang?

Ayo! Hidup ini cuma sekali dan mari kita nikmati. Jika dua kali, maka jadinya hidup hidup.


TAGS teknologi ht radio komunikasi


Postingan Terkait

-