Tes Booster TONO 50 Watt dan Alinco 40 Watt

31 Jul 2017

Bulan Juli 2017, saya mendapatkan kiriman booster (penguat signal) yang digunakan untuk Handie Talkie (HT). Ada dua unit yang saya terima dan keduanya buatan dari Jepang, yaitu merk TONO dan Alinco. Keduanya bekerja pada frekuensi VHF (144 MHz) dan masing-masing memiliki keunggulan.

Standar kekuatan booster TONO adalah 70 watt, karena menggunakan final transistor C2630. Sayangnya faktor usia dan lama pemakaian, kekuatannya berkurang dan menjadi 50 watt. (FYI, produk ini sudah tidak diproduksi lagi alias discontinued).

Dua percobaan atau tes booster pada TONO, saya mendapatkan dua kekuatan yang berbeda. Pada video pertama, mengeluarkan daya pancar sebesar 50 watt. Sedangkan pada video kedua, mampu memancar pada kekuatan 60 watt. Berikut ini video yang pertama, 

Perhatikan juga video yang kedua,

Pada booster yang kedua, yaitu Alinco ELH-260D, standar kekuatan daya pancarnya adalah 60 watt. Seperti pada booster sebelumnya (yaitu faktor usia dan pemakaian), kekuatannya tinggal 40 watt. Namun yang membedakannya adalah adanya fitur RX AMP (penguat frekuensi penerimaan).

Untuk lebih jelasnya, silakan tonton videonya dengan cermat,

Dari percobaan booster tersebut, keduanya memiliki keunggulan yang berbeda. Namun bagi saya, keduanya sangat sesuai untuk kebutuhan yang berbeda.

Demikian penjelasan singkat yang saya berikan kepada anda. Jika berminat dengan kedua booster tersebut, silakan komentar pada akun yutub saya yang ada di https://www.youtube.com/c/gajahpesing Jangan lupa subcribe ya….


TAGS teknologi radio komunikasi booster ht


Postingan Terkait

-